Logo Bloomberg Technoz

Handphone Hilang, Hati-hati Akun Shopee PayLater Bisa Dibobol

Yunia Rusmalina
24 May 2023 16:00

Ilustrasi peretas (hacker). (seventyfourimages via envato)
Ilustrasi peretas (hacker). (seventyfourimages via envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bahaya mengintai bila smartphone yang kita gunakan tiba-tiba hilang. Akun di handphone tersebut bisa diambil alih hingga pembobolan dompet elektronik seperti Shopee Pay bisa dilakukan.

Seperti nasib sial yang dialami oleh Eko Yulistyo, salah satu pegawai  perusahaan  swasta yang menceritakan kejadiannya di akun twitter @oilverious. Kronologi kejadiannya  terjadi pada hari Jumat 28 April 2023, di JPO Gelora Bung Karno (GBK) Jl Jendral Sudirman Senayan DKI Jakarta. 

Awal mula dari peretasan handphone tersebut di saat handphone milik korban jatuh di JPO GBK dan diambil oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab mengaku bernama Amir. 

Dalam unggahan twitternya, korban menceritakan pelaku pencurian handphone tersebut sempat menjawab telepon dan akan berjanji bertemu setelah shalat Jumat di halte GBK pada hari yang sama sekitar jam 10.00 WIB. 

Namun ternyata pelaku tidak menepati janji. Sebaliknya, handphone milik korban malah diretas dan digunakan untuk transaksi e-commerce, pinjaman online, dan situs judi online.