Logo Bloomberg Technoz

"Ada banyak pertunjukan di pembicaraanseputar plafon utang," kata Sarah Hewin, Ekonom Senior di Standard Chartered. "Semakin dekat kita ke 1 Juni tanpa resolusi, semakin besar risiko bencana, jadi ada banyak potensi pasar untuk khawatir."

Sumber: Bloomberg

Di Asia, kekhawatiran semakin meningkat tentang pemulihan pasca-pandemi China yang lesu dan berdampak negatif pada harga komoditas utama seperti bijih besi dan tembaga. Keduanya jatuh pada perdagangan akhir-akhir ini.

Namun, tanda-tanda cairnya hubungan antara China dan AS membantu mengangkat bursa saham Hong Kong lebih dari 1% pada Senin, usai Biden mengisyaratkan peningkatan hubungan dengan Beijing.

Di AS, imbal hasil pada obligasi jangka pendek naik Senin dan indeks kekuatan dolar mengalami sedikit kenaikan. Mata uang utama itu diperdagangkan dalam rentang yang ketat pada Selasa pagi.

Imbal hasil obligasi pemerintah Australia dan Selandia Baru naik. Harga minyak dunia sedikit berubah dengan para trader menghindari pengambilan keputusan di tengah pembicaraan gagal bayar utang AS, sementara harga emas stabil setelah jatuh 0,3% pada hari Senin. 

Chris Low, kepala ekonom di FHN Financial mengatakan saat ini semua perhatian tertuju pada potensi gagal bayar AS. "Tetapi ketika Kongres mengangkat plafon utang, perhatian akan kembali ke ekonomi dan The Fed." 

Presiden Federal Reserve St. Louis James Bullard mengatakan dia mempertimbangkan dua kenaikan suku bunga lagi tahun ini, sementara Presiden The Fed Minneapolis Neel Kashkari mengatakan jika bank sentral AS berhenti menaikkan suku bunga bulan depan, itu akan memberi sinyal bahwa pengetatan belum berakhir.

Di belahan dunia lainnya, pasar keuangan Yunani mengalami titik terang. Pemilu pada Minggu memberikan hasil yang baik bagi Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis, yang berarti kebijakan ramah investasi dapat dilanjutkan.

Athens Stock Exchange Index melonjak ke level tertinggi dalam hampir satu dekade. Sementara itu, Euro Stoxx 600 sedikit bergerak pada hari itu.

(bbn)

No more pages