Logo Bloomberg Technoz

Saham WIKA Masih Terkapar Efek Ditinggalkan Investor

Whery Enggo Prayogi
23 May 2023 07:25

Gedung perkantoran Wijaya Karya atau WIKA (dok perusahaan)
Gedung perkantoran Wijaya Karya atau WIKA (dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Saham PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) masih berada di zona bawah, meski pada penutupan kemarin, Senin (22/5/2023) terjadi rebound tipis 6 poin (1,52%) ke level Rp402/saham dibandingkan harga penutupan Jumat minggu lalu, Rp396/saham.

Pada akhir minggu lalu saham WIKA jadi bulan-bulanan, setelah banyak investor melepas kepemilikan. WIKA sempat berada di level terendah Rp398/saham, dan sedikit lagi mencatatkan auto rejection bawah (ARB) karena telah terjadi penurunan 6,13%.

Hari ini saham WIKA bergerak lebih baik. Sepanjang sesi WIKA diperdagangkan sebanyak …. Saham dengan nilai Rp    miliar. Frekuensi transaksi terjadi sebanyak   kali. 

Jika menghitung tren harga WIKA sejak awal tahun atau year to date (ytd) saham WIKA telah terjungkal sekitar 47%. Investor yang masih menggenggam saham perseroan juga otomatis mencatatkan unrealized rugi dengan porsi yang sama.

Usai laporan Bloomberg News minggu lalu, dimana manajemen meminta penundaan pembayaran utang ke beberapa lender, membuat saham WIKA anjlok. Permintaan restrukturisasi kewajiban ini dilakukan utamanya oleh sesama Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) total Rp3,9 triliun.