Logo Bloomberg Technoz

Eropa Terapkan UU Deforestasi, RI Desak Keberterimaan Biodiesel

Krizia Putri Kinanti
22 May 2023 13:50

Biodiesel berbasis minyak kelapa sawit. (Dok. Bloomberg)
Biodiesel berbasis minyak kelapa sawit. (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan pemerintah terus berupaya menjelaskan duduk perkara yang memberatkan posisi Indonesia dalam UU Deforestasi Eropa. Salah satunya adalah dengan meyakinkan bahwa RI berupaya meningkatkan bauran minyak sawit dalam bahan bakar ramah lingkungan, seperti B20.

Awal pekan ini, Uni Eropa (UE) memberlakukan undang-undang terkait dengan deforestasi yang bertajuk EU Deforestation Regulation (EUDR).

Peraturan yang dirancang untuk meminimalisasi penggundulan hutan ini berdampak kepada sejumlah produk Indonesia komoditas yang diekspor ke pasar Eropa yakni  minyak sawit, sapi, kayu, kopi, kakao, karet, kedelai, dan sejumlah produk agrikultura lainnya.

“Sebenarnya persoalan sawit Eropa bukan di sini. Saya sudah banyak berbicara dengan perwakilan dari Uni Eropa dan saya sering berbicara tentang sawit pada mereka. Isunya bukan deforestasi, tetapi bagaimana B20 itu dilihat oleh UE itu,” tuturnya di acara Green Economic Forum, Senin (22/5/2023).

Dia menambahkan pada dasarnya Pemerintah Indonesia mendukung pertumbuhan ekonomi hijau termasuk isu deforestasi.