Logo Bloomberg Technoz

Saham WIKA Jatuh Lagi, Terendah dalam 11 Tahun

Donald Banjarnahor
17 May 2023 17:55

Proyek PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (Sumber Website Perusahaan)
Proyek PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (Sumber Website Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga saham PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) terjerembab ke level terendah dalam 11 tahun terakhir, setelah emiten ini menyatakan akan bernegosiasi dengan bank untuk penundaan pembayaran utang bank.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) saham WIKA turun 18 poin atau 4,07% ke level Rp424, pada penutupan perdagangan Rabu (17/5/2023). Harga ini merupakan yang terendah sejak 2012 lalu. Sejak awal tahun hingga hari ini, saham WIKA telah longsor 47% dan memberikan kerugian di atas kertas bagi pemegang saham.

Meskipun turun dalam pada hari ini, volume perdagangan saham WIKA terpantau cukup sepi dengan 32,44 juta saham dan nilai transaksi Rp13,8 miliar. Kapitalisasi pasar WIKA tersisa Rp3,8 triliun dengan price to book value 0,31 kali.

Sebelumnya Bloomberg News memberitakan WIKA telah meminta bank untuk mengizinkan penundaan pembayaran kewajibannya karena perseroan tengah berusaha mengatur kembali utangnya dan memperkuat modalnya.

Pemberi utang terbesar kepada Wijaya Karya (Sumber: Bloomberg)

Permintaan tersebut berlaku untuk pinjaman bank yang terutang oleh perusahaan induk. Perseroan tidak memiliki rencana untuk meminta penundaan pembayaran dari pemegang obligasi, kata sekretaris perusahaan Mahendra Vijaya melalui telepon.