Logo Bloomberg Technoz

Singapura Resmi Impor Ayam Hidup dari Indonesia

Ghina Ghaliya Quddus
15 May 2023 12:35

Ilustrasi Daging Ayam (kemendag.go.id)
Ilustrasi Daging Ayam (kemendag.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Singapura telah resmi mulai impor ayam hidup dari Indonesia. Hal ini diumumkan oleh Menteri Senior Negara untuk Keberlanjutan dan Lingkungan negara Singapura, Koh Poh Koon, dalam sebuah posting Facebook pada Minggu (14/05/2023).

Ia mengatakan bahwa impor ayam hidup dari sebuah peternakan di Indonesia yang bebas dari flu burung itu telah disetujui sebagai sumber baru ayam hidup bagi Singapura dan telah tiba di negara itu pada Sabtu pagi.

“Konsumen dan bisnis Singapura akan memiliki lebih banyak pilihan untuk ayam, yang semakin memperkuat ketahanan pasokan ayam kita,” kata Koh.

Mengutip media Singapura The Straits Times, ini adalah pertama kalinya ayam hidup dikirim ke Singapura dari Indonesia. Sebelumnya, Singapura hanya mengimpor ayam hidup dari Malaysia. Namun, Oktober 2022 Malaysia menghentikan ekspor ayam ke Singapura untuk mengatasi lonjakan harga dan kekurangan unggas.

Menurut data Singapore Food Agency (SFA) yang dikutip The Straits Times, Singapura mengimpor sekitar 34% pasokan ayamnya dari Malaysia pada 2021. Singapura pun sudah beralih ke negara lain dan meningkatkan impor ayam dari Brazil dan Thailand.