Logo Bloomberg Technoz

Kementerian PUPR Gelontorkan Rp101 M Tata 5,7 Ha Kawasan Dieng

Rezha Hadyan
14 May 2023 20:30

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (Humas Setkab/Rahmat)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (Humas Setkab/Rahmat)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menata kawasan wisata dataran tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah. Pemerintah tengah menggenjot daya tarik kawasan tersebut bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Pekerjaan penataan kawasan wisata Dieng akan dimulai pada 2023 dengan kebutuhan anggaran sekitar Rp101 miliar," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam siaran pers, Minggu (14/5/2023).

Pada tahap awal ini, penataan akan berlangsung pada area seluas 5,7 hektar dari total luas kawasan wisata Dieng 4.600 hektare.

Beberapa lokasi penanganan meliputi kompleks wisata Candi Arjuna dan kawasan Sikidang di Banjarnegara. Selain itu, kawasan Telaga Warna, Bukit Sikunir, dan kawasan Sikidang di Wonosobo. 

Ilustrasi Pegunungan Dieng . (Image by Fajar Ardianto AS from Pixabay)

Lingkup penataan pada setiap kawasan wisata tersebut antara lain renovasi bangunan utama, pembangunan kantor pengelola, pembangunan mushola, gudang, dan ruang tiket atau informasi. Selain itu, penataan area amphiteater atau camping ground, penataan kios pedagang, area parkir, dan lansekap.