Logo Bloomberg Technoz

Dalam kurun waktu dua minggu terakhir, lanjutnya, Indonesia memang terjadi peningkatan tren kasus konfirmasi, kasus aktif, dan perawatan pasien di rumah sakit. Bahkan konfirmasi kasus pernah mencapai lebih dari 2.600 kasus bila berdasarkan data per 3 Mei 2023.

Ia juga mengungkap, sekitar 30% pasien yang dirawat di rumah sakit juga ditemukan belum mendapatkan vaksinasi dosis lengkap maupun booster yang juga didominasi oleh lansia. Selain itu, hampir separuh pasien yang meninggal di rumah sakit belum mendapatkan vaksinasi.

“Kelompok lansia dan pasien dengan penyakit penyerta masih memiliki resiko paling tinggi sehingga vaksinasi harus tetap dilakukan,” kata dia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah resmi mencabut status darurat pandemi Covid-19 bukan lagi artinya bukan sebagai kedaruratan kesehatan global per 5 Mei lalu. Sementara percepatan booster 2 kata Kemenkes juga merespons pencabutan darurat Covid-19 itu.

"Pemberian booster juga menjawab permintaan masyarakat untuk penyediaan vaksin dosis booster kedua mengingat pemulihan ekonomi yang berjalan cepat dan mobilitas masyarakat yang meningkat,” tutupnya.

(ibn/ezr)

No more pages