Logo Bloomberg Technoz

Penampakan Pesawat Kepala Negara Berdatangan di Bandara Komodo

Ezra Sihite
09 May 2023 22:24

Pesawat yang membawa kepala negara Filipina tiba di Labuan Bajo (Kemenhub)
Pesawat yang membawa kepala negara Filipina tiba di Labuan Bajo (Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pada Selasa (9/5/2023) merupakan puncak dari kedatangan pesawat VVIP dan VIP para pemimpin negara dan delegasi yang hadir pada KTT ke-42 ASEAN di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Alhamdulillah secara umum pengaturan penerbangan hari ini dilakukan dengan baik, sehingga pergerakan pesawat VVIP, VIP dan reguler pada hari ini dapat berjalan dengan lancar," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagaimana keterangan resminya.

Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Udara, Direktorat Angkutan Udara, pada Selasa (5/9/2023), mulai siang hingga malam hari dilaporkan terdapat sebanyak 12 pesawat tamu VVIP dan VIP mendarat di Bandara Komodo Labuan Bajo.

Pesawat yang membawa perdana menteri Laos tiba di Labuan Bajo (Kemenhub)

Sebanyak 7 pesawat membawa tamu VVIP yang mendarat yaitu pesawat Perdana Menteri Kamboja Samdech Akka Moha Sena Padei Techo Hun Sen yang tiba pukul 13.20 WITA, Perdana Menteri Vietnam Pham  Minh Chinh pada 14.20 WITA, Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Anwar Bin Ibrahim pada 15.35 WITA, Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone pada 16.10 WITA, Presiden Filipina Ferdinand R. Marcos pada 16.50 WITA dan dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada 18.00 WITA.

Sedangkan pesawat membawa tamu VIP yang mendarat yaitu Menteri Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kamboja dan Sekretaris Kesejahteraan Sosial dan Pengembangan Filipina menggunakan pesawat reguler tiba pukul 12.55 WITA. Kemudian, Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia Tengku Zafrul bin Abd Aziz (15.37 WITA), Menteri Pilar Sosial Vietnam Nguyen Ba Hoan dengan penerbangan reguler pada 16.40 WITA) dan Deputi Menteri, Kementerian Investasi dan Kerja Sama Ekonomi Luar Negeri Myanmar dengan penerbangan reguler pada 18.35 WITA.