Logo Bloomberg Technoz

Amankan KTT ASEAN, KRI Banjarmasin 592 Bersandar di Labuan Bajo

Sultan Ibnu Affan
07 May 2023 08:47

Kapal perang KRI Banjarmasin 592 tiba di Labuan Bajo (Dok. Pelindo)
Kapal perang KRI Banjarmasin 592 tiba di Labuan Bajo (Dok. Pelindo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - KRI Banjarmasin-592 tiba di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Jumat sore (5/5/2023). Kedatangan kapal perang tersebut dalam rangka mendukung kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. 

Kapal dengan panjang 125 meter dan berat 7.200 ton ini berhasil disandarkan setelah melakukan perjalanan dari Surabaya menuju Labuan Bajo. KRI Banjarmasin sendiri membawa sekitar 1000 pasukan lebih serta peralatan keamanan. 

Kapal perang ini merupakan salah satu produk unggulan PT PAL Indonesia bekerja sama Dae Sun Shipbuilding-Korea Selatan. KRI Banjarmasin-592 saat ini berada di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), serta di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya.

Kapal perang KRI Banjarmasin 592 tiba di Labuan Bajo (Dok. Pelindo)

General Pelindo Cabang Labuan Bajo, Dimaz Yuliono, mengatakan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan terpercaya kepada seluruh kegiatan operasional yang berhubungan dengan gelaran KTT ASEAN. Proses sandar KRI Banjarmasin sendiri dilakukan dengan lancar dan aman, tanpa adanya kendala yang signifikan.

"Kami bangga bisa menjadi bagian dari kegiatan KTT ASEAN 2023 ini dan memberikan pelayanan terbaik untuk mendukung kelancaran acara tersebut. Kami memastikan bahwa proses sandar KRI Banjarmasin berjalan lancar dan aman," ujar Dimaz dalam keterangan resmi dikutip Minggu (7/5/2023).