Logo Bloomberg Technoz

S&P Global Resmi Akusisi 15% Saham Pefindo Senilai Rp17,6 M

Sultan Ibnu Affan
08 May 2023 14:50

S&P Global Ratings Resmi Miliki 15% Saham Pefindo
S&P Global Ratings Resmi Miliki 15% Saham Pefindo

Bloomberg Technoz, Jakarta - S&P Global Ratings, perusahaan pemeringkat kredit multinasional resmi mengakuisisi 15% kepemilikan saham pemeringkat kredit nasional PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). S&P mengambilalih sebanyak 17,6 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp17,6 miliar.

Dalam akuisisi keseluruhan saham Pefindo sebesar% ini, S&P Global Ratings menjadi pemenang saham terbesar ketiga, di bawah Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menjadi pemegang saham terbesar dengan jumlah 27,5%, Dana Pensiun Bank Indonesia (Dapen BI) sebesar 24,5%, dan di posisi keempat PT Taspen sebesar 9,50%. 

Kedua belah pihak berkomitmen untuk melanjutkan kerja sama dalam bentuk kolaborasi program- progam pengembangan bisnis, produk, dan pengembangan talent S&P Global Ratings telah menjalin kerja sama dengan Pefindo sejak tahun 1996, melalui Perjanjian Dukungan Teknis dengan PEFINDO. Sejak saat itu, S&P Global Ratings dan Pefindo telah bekerja sama mengadakan seminar dan pelatihan.

Presiden Direktur, Pefindo, Irmawati Amran, mengaku antusias untuk memperluas hubungan kami dengan S&P Global Ratings, yang keahlian dan skala globalnya akan membantu Pefindo untuk memperluas jangkauan layanan kami kepada pelanggan di pasar modal Indonesia yang sedang tumbuh dan untuk meningkatkan pembangunan kapasitas kami.

"Pada saat yang sama, S&P Global Ratings dapat memanfaatkan pengetahuan dan pemahaman PEFINDO yang mendalam tentang Indonesia," ujarnya.