Logo Bloomberg Technoz

Peringati May Day, Bursa Saham Hari Ini Libur Dulu

Ruisa Khoiriyah
01 May 2023 07:25

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia dengan latar IHSG. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia dengan latar IHSG. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Setelah libur selama 5 hari sesuai jadwal Cuti Bersama Lebaran 2023, Bursa Efek Indonesia (BEI) sempat kembali beroperasi selama tiga hari di sisa pekan terakhir April. Memasuki Mei, bursa saham domestik kembali libur memperingat Hari Buruh Internasional 1 Mei, alias May Day.

Merunut pada pengumuman yang dilansir oleh BEI, 1 Mei 2023 kegiatan bursa efek diliburkan dan akan kembali beroperasi pada 2 Mei esok.

Setelah May Day, masih ada “jatah” 9 hari libur perdagangan bursa efek hingga akhir 2023. Total dalam setahun ini, hari perdagangan bursa direncanakan akan berlangsung selama 241 hari. Atau dengan kata lain, ada hari libur sekitar 124 hari termasuk hari Sabtu dan Minggu.

Indonesia menetapkan 1 Mei dalam daftar hari libur nasional sejak era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tepatnya mulai 1 Mei 2013.

Buruh akan turun ke jalan

Memperingat May Day atau Hari Buruh Internasional, serikat pekerja akan turun ke jalan hari ini. Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) hari ini akan turun ke jalan memperingati 1 Mei secara serentak di berbagai daerah.