Logo Bloomberg Technoz

Panglima Kirim 39 Prajurit TNI Evakuasi 291 WNI di Sudan

Rezha Hadyan
24 April 2023 19:30

Pengiriman 39 prajurit TNI berangkat ke Sudan untuk mengevakuasi WNI yang ada di negara tersebut. (Rezha Haydan/Bloomberg Technoz)
Pengiriman 39 prajurit TNI berangkat ke Sudan untuk mengevakuasi WNI yang ada di negara tersebut. (Rezha Haydan/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia (TNI) memberangkatkan prajurit misi khusus untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Sudan. Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengirimkan 39 personel TNI ke tengah pertempuran di Sudan. Para prajurit ini mendapat misi untuk membawa keluar 291 warga negara Indonesia (WNI) yang saat ini masih terjebak di antara pertempuran antara Tentara Sudan dan Rapid Support Forces (RSF).

"Konflik bersenjata di Sudan sudah semakin mengkhawatirkan, kondisi ini dapat membahayakan para WNI yg saat ini berada di Sudan. Untuk itu diperlukan kehadiran TNI guna menyelamatkan," kata Yudo saat apel pemberangkatan Satgas Evakuasi WNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (24/4/2023).

Menurut dia, TNI telah menyiapkan Pesawat Boeing 737-400 A-7305 milik TNI Angkatan Udara untuk proses evakuasi. Para WNI ini akan diterbangkan ke Jeddah, Arab Saudi.

Sebelumnya, pemerintah sendiri telah berhasil membawa keluar 538 WNI keluar dari wilayah Khartoum, Ibu Kota Sudan.

Menurut Yudo, TNI sudah beberapa kali melakukan misi penyelamatan WNI yang berada dalam kondisi bahaya. Salah satunya, kata dia, proses evakuasi WNI di Afghanistan pada 2021, dan Ukraina pada 2022.