Logo Bloomberg Technoz

538 WNI Berhasil Dikeluarkan dari Khartoum, Sudan

Tara Marchelin
24 April 2023 12:10

Evakuasi warga dari Sudan (Dok Kemlu RI)
Evakuasi warga dari Sudan (Dok Kemlu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan sebanyak 538 warga negara Indonesia (WNI) di Khartoum, Sudan telah berhasil dievakuasi keluar dari kota itu.

Alhamdulillah, pada pukul 01.00 dini hari waktu setempat atau pukul 06.00 pagi WIB pada hari ini 538 WNI telah tiba dengan selamat di Kota Port Sudan,” kata Retno dalam keterangan resmi pada Senin (24/4/2023).

Para WNI yang telah dievakuasi sebagian besar merupakan mahasiswa Indonesia, pekerja migran Indonesia, karyawan perusahaan Indofood dan staf KBRI beserta keluarga yang terdiri dari 273 perempuan, 240 laki-laki dan 25 balita.  

“Ini adalah evakuasi tahap satu yang dipimpin langsung oleh dubes RI di Khartoum. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan bus sebanyak delapan buah dan satu minibus KBRI,” lanjutnya. 

Diketahui Sudan kini sedang mengalami konflik bersenjata antara  militer Sudan dan pasukan paramiliter Pasukan Bantuan Cepat (Rapid Support Forces/RSF). Korban pun berjatuhan. Terjadi perebutan objek-objek vital negara antara kedua belah pihak.

Menlu Retno Marsudi. (Tangkapan Layar Youtube MoFA Indonesia)