Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Minta Maskapai Penerbangan Diskon Tiket 26-29 April

Rezha Hadyan
23 April 2023 19:31

PT Garuda Indonesia aircraft inside a hangar at the company's maintenance facility at Soekarno-Hatta International Airport (Dimas Ardian/Bloomberg)
PT Garuda Indonesia aircraft inside a hangar at the company's maintenance facility at Soekarno-Hatta International Airport (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau masyarakat untuk tidak kembali ke Jakarta pada puncak arus balik yang diprediksi akan terjadi pada 24-25 April 2023 mendatang.

“Masyarakat terutama yang tidak terburu, urusannya tidak terlalu mendesak untuk segera kembali, bisa menunda jadwal kembali ke Jakarta yaitu antara tanggal 26-30 April 2023," kata Muhadjir dalam konferensi pers yang digelar pada Minggu (23/4/2023).

Muhadjir mengatakan, pemerintah karena itu akan menyiapkan diskon tiket bagi pemudik untuk semua moda transportasi untuk periode keberangkatan 26-30 April 2023. Dia mengungkapkan bahwa Kementerian Perhubungan telah meminta penyedia layanan angkutan umum khususnya maskapai penerbangan untuk memberikan diskon kepada para pengguna jasa pda periode tersebut.

"Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meminta Garuda Indonesia, Citilink, Lion Group untuk memberikan diskon pada 26 sampai 29 April 2023 untuk mendorong pemudik kembali ke Jakarta pada tanggal-tanggal tersebut," ungkapnya.

Demikian halnya dengan pengguna angkutan umum, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi juga akan mendapatkan diskon tarif tol. Diskon tarif tol ini berlaku di ruas Tol Trans Jawa dari Semarang hingga Jakarta pada 27 hingga 29 April pukul 06.00 WIB.