Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya, jagat media sosial tengah dihebohkan oleh praktik penipuan dengan modus mengganti barcode QRIS kotak amal di masjid.

Dalam rekaman CCTV yang beredar, seorang pria diduga mengganti kertas sticker QRIS masjid dengan QRIS berisi rekening pribadinya. Padahal QRIS tersebut biasa digunakan para umat untuk mentransfer dana infaq ke pengelola masjid. 

Peristiwa tersebut diketahui terjadi di Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan. Akan tetapi, Kepolisian Resor Jakarta Selatan justru mengatakan, kejahatan serupa juga terjadi di sejumlah rumah ibadah pada kawasan Kebayoran Lama, Pancoran, Pondok Indah, Kalibata, dan lainnya.

Selain PJP, BI juga meminta pedagang atau pemilik membuat tempat khusus untuk menampilkan QRIS, yang tak mudah dimodifikasi atau ditukar. Mereka juga harus secara rutin melakukan pemeriksaan penempatan dan kesesuaian QRIS.

BI juga melarang pada pemilik meminjamkan QRIS kepada pihak lain dengan alasan apa pun. Pemilik juga bisa menghubungi PJP saat QRIS hilang atau rusak.

Hal ini termasuk bagi masyarakat, kata Fitria, hendaknya lebih detil memperhatikan informasi yang muncul saat memindai QRIS atau sebelum mengirimkan dana. "Berhenti melakukan transaksi apabila ada kejanggalan dari informasi transaksi, atau nama merchant tertera,” ujar dia.

(krz/frg)

No more pages