Logo Bloomberg Technoz

Sewa Ruang di Mal Jabodetabek Kian Murah

Rezha Hadyan
10 April 2023 15:15

Pengunjung berbelanja di pusat perbelanjaan Grand Indonesia di Jakarta. (Rony Zakaria/Bloomberg)
Pengunjung berbelanja di pusat perbelanjaan Grand Indonesia di Jakarta. (Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Belum pulihnya kinerja bisnis pusat perbelanjaan membuat harga sewa ruang di mal-mal Jakarta dan sekitarnya kian terjangkau. Namun, tingkat keterisian oleh tenant diproyeksi masih di bawah 70% hingga akhir tahun ini.

Berdasarkan riset Property Market terbaru dari Colliers, rerata tarif dasar sewa lahan di pusat perbelanjaan Jakarta per kuartal I-2023 stagnan di level Rp 556.095 per meter persegi dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Sementara itu, rerata tarif sewa di mal Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi (Bodetabek) pada periode yang sama turun sekitar 2% menjadi Rp 375.341 per meter persegi.

Head of Research Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan tren stagnasi –bahkan penurunan– harga sewa di pusat perbelanjaan tersebut berbanding lurus dengan kenaikan biaya pelayanan atau service charge

“Kenaikan service charge di [pusat perbelanjaan] Jakarta dan Bodetabek didorong oleh mal kelas menengah-atas karena didukung dengan membaiknya kinerja mal, baik dari sisi jumlah pengunjung maupun tingkat okupansi,” paparnya seperti dikutip Senin (10/4/2023).

Pengunjung menaiki eskalator di pusat perbelanjaan Grand Indonesia di Jakarta. (Rony Zakaria/Bloomberg)