Logo Bloomberg Technoz

Apartemen Baru Terus Bermunculan di DKI, Peminat Masih Sepi

Rezha Hadyan
05 April 2023 16:00

Ilustrasi Apartemen di Jakarta. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Apartemen di Jakarta. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Penjualan apartemen di Jakarta pada 2023 diproyeksi masih stagnan dari tahun sebelumnya. Harga yang kian tinggi dan pembeli yang menahan belanja jelang tahun politik menjadi pemicu lesunya pasar properti residensial subsektor rumah susun.

Berdasarkan riset Property Market terbaru dari Colliers, para pengembang masih terus memperkenalkan menara-menara baru pada 2023, kendati kinerja pasar apartemen masih belum trengginas.

Tercatat, per kuartal I-2023, terdapat 6 apartemen dengan total 3.374 unit dirampungkan di DKI. Mereka a.l. Menara Jakarta, The Residences at The St. Regis Jakarta, Sakura Garden City, Arumaya Residence, Southgate Residence, dan JKT Living Star. 

Sementara itu, Colliers mencatat terdapat dua proyek baru di Jakarta pada kuartal pertama tahun ini. Mereka a.l. Adriya yang masih dalam tahap konstruksi dan Apple 7 Condovilla yang sudah memasuki tahap NUP. Keduanya memiliki total 1.016 apartemen.

“Beberapa pengembang besar membidik target penjualan 2023 yang relatif sama dengan tahun lalu. Secara keseluruhan, total pasokan apartemen di Jakarta pada kuartal pertama tahun ini mencapai 223.825 unit. Kami optimistis sebanyak 6.172 unit akan serah terima tahun ini, angka itu naik empat kali lipat dari 2022,” ujar Head of Research Colliers Indonesia Ferry Salanto dalam paparan riset, Rabu (5/4/2023).