Logo Bloomberg Technoz

Jatim Jateng Jadi Tujuan 45,8 Juta Orang Mudik Tahun 2023

Whery Enggo Prayogi
08 April 2023 15:35

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Dok. BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Dok. BKIP Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan memprediksi ada sekitar 21,2 juta orang yang akan mudik dengan tujuan Jawa Timur. Jatim jadi peringkat kedua tujuan terbanyak pemudik pada libur Lebaran 2023, hanya kalah dari Jawa Tengah dengan prediksi orang yang mudik sejumlah 24.6 juta orang.

Jika diakumulasi orang yang mudik ke wilayah Jatim dan Jateng mencapai 45,8 juta orang. Jatim merepresentasikan 17,1% dari total pemudik tahun ini. Sementara Jateng 19,87%.

Kemenhub sebelumnya memprediksi total pergerakan orang selama masa mudik kali ini mencapai 123,8 juta orang. Dari jumlah ini sekitar 77,3 juta atau 62,5% berasal dari pulau Jawa.

Hal ini disampaikan di sela-sela kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jawa Timur, Jumat (7/4/2023), dalam rangka kontrol kesiapan sarana dan prasarana transportasi di sana. Budi menegaskan infrastruktur dan pelayanan di semuda moda transportasi telah siap untuk menghadapi lonjakan pergerakan masyarakat di arus mudik dan balik tahun ini.

“Potensi lonjakan pergerakan masyarakat yang akan mudik di Jawa Timur ini sangat tinggi, oleh karenanya kami terus berkoordinasi intensif dengan operator transportasi yang ada di sini, untuk memastikan persiapan dilakukan dengan baik, agar pelaksanaan arus mudik dan balik berjalan dengan aman dan memberikan kesan yang baik di masyarakat,” kata dia dalam keterangan tertulis, dikutip, Sabtu (8/4/2023).