Logo Bloomberg Technoz

Ingin Mudik? Kamu Bisa Lewat Jalan Tol Fungsional Berikut

Yunia Rusmalina
05 April 2023 08:17

Pengerjaan infrastruktur jalan tol ruas Jakarta-Serpong. (Dok Dimas Ardian/Bloomberg)
Pengerjaan infrastruktur jalan tol ruas Jakarta-Serpong. (Dok Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa pihaknya telah mempersiapkan beberapa ruas jalan tol fungsional dan berbagai fasilitas untuk momentum mudik Lebaran tahun 2023 .

Kementerian PUPR telah mempersiapkan jalan tol di pulau Jawa sepanjang  1.316 km dengan 90 titik rest area. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan pemudik sepanjang perjalanan.

Penambahan ruas jalan tol dicanangkan oleh Kementerian PUPR, di antaranya Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan seksi Sadang - Kutanegara sepanjang 8,5 km dan Sadang - Taman Mekar sepanjang 28,9 km. Keduanya dibuka secara fungsional untuk melancarkan mudik dan balik Lebaran tahun ini.

"Untuk Japek II Selatan dari Sadang sampai dengan Taman Mekar mudah-mudahan bisa kita buka fungsional," ujar Basuki dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI dengan Menteri Perhubungan dan Menteri PUPR di Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Selain itu, Kementerian PUPR juga melakukan penambahan ruas tol di jalur Bekasi - Cawang - Kp. Melayu seksi 2A dan seksi 2A ujung sepanjang 4,8km. Ruas ini bisa mempersingkat waktu dari yang awalnya menghabiskan 60 menit menjadi 20 hingga 30 menit.