Logo Bloomberg Technoz

PUPR Kebut Perbaikan Infrastruktur untuk Mudik Lebaran 2023

Tara Marchelin
08 April 2023 08:11

Jalan Raya ( Dok Freepik )
Jalan Raya ( Dok Freepik )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan perbaikan pada beberapa ruas jalan nasional untuk mengantisipasi titik rawan macet. Pihak kementerian menilai kondisi kemantapan jalan nasional di Pulau Jawa sepanjang 4.858 km berada di level 92%.

Sejumlah ruas jalan yang diperbaiki antara lain jalan akses Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan, dan jalur Pantura. Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S Atmawidjaja mengatakan, penanganan akses jalan menuju Pelabuhan Merak meliputi pelebaran dan penataan bahu jalan Cikuasa Bawah dan Atas.

"Penanganan Cikuasa Bawah sepanjang 500 meter saat ini progresnya mencapai 40% dan Cikuasa Atas 980 meter progres saat ini 65%. Target penanganan setelah Lebaran 2023 meliputi pelebaran Jembatan Langon A dan penambahan lajur dari oprit Fly Over Merak sampai pintu pelabuhan," kata Endra dalam siaran pers pada Jumat (7/4/2023).

Untuk akses ke Pelabuhan Ciwandan, yang menjadi dermaga ferry tambahan untuk penyeberangan rute Jawa - Sumatera, Pemkot Cilegon melakukan perbaikan dan pengaspalan jalan dan jembatan pada Jalan Aat Rusli.

Endra mengatakan jalan menuju Ciwandan dapat diakses melalui Jalan Nasional Raya Anyer dengan kemantapan jalan sekitar 90%.