Logo Bloomberg Technoz

Jasa Marga Gandeng MRT Jakarta Bangun Kawasan TOD di Taman Mini

Rezha Hadyan
05 April 2023 18:40

Penandatanganan MoU Pembangunan TOD Proyek MRT Fase 4 antara PT MRT Jakarta dan PT Jasa Marga. (Dok PT MRT Jakarta)
Penandatanganan MoU Pembangunan TOD Proyek MRT Fase 4 antara PT MRT Jakarta dan PT Jasa Marga. (Dok PT MRT Jakarta)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyepakati kerja sama dengan PT MRT Jakarta (Perseroda) untuk pengembangan jalur kawasan berorientasi transit atau transit oriented development (TOD) travoy hub atau toll corridor development (TCD) di kawasan Pinang Ranti, Jakarta Timur.

Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat menyampaikan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding  (MoU) ini juga berkaitan dengan rencana proyek jalur kereta mass rapid transit (MRT)  fase 4, dengan rute Fatmawati—Kampung Rambutan yang terbentang hingga area Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Rencana pengembangan fase 4 Fatmawati—Kampung Rambutan itu kita mulai pada 2024. Kerja sama dengan Jasa Marga ini, meliputi penyiapan data dan dokumen kedua belah pihak, kajian studi kelayakan [feasibility study], kajian manajemen dan mitigasi risiko, hingga kajian dan rencana bisnis, khususnya untuk pengembangan kawasan TOD," kata Tuhiyat melalui rilis pers, Rabu (5/4/2023).

Menurut dia, PT MRT Jakarta akan melihat detail skema kerja sama yang potensial terjadi dalam pengembangan kawasan transit di kawasan Pinang Ranti. Penjajakan kerja sama ini pun akan berlangsung hingga satu tahun ke depan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan travoy hub akan menjadi percontohan pembangunan kawasan transit atau TOD lain di sepanjang proyek MRT Fase 4 (Taman Mini—Fatmawati).