Logo Bloomberg Technoz

Terowongan Bawah Tanah MRT Bundaran HI-Monas Rampung

Fransisco Rosarians Enga Geken
28 March 2023 20:07

Stasiun MRT Bundaran HI, Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas MRT Jakarta telah terhubung. (Dok MRT Jakarta)
Stasiun MRT Bundaran HI, Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas MRT Jakarta telah terhubung. (Dok MRT Jakarta)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mesin bor pembuat terowongan kereta Mass Rapid Transit (MRT) yang disebut Tunnel Boring Machine 1 atau TBM 1 telah berhasil menembus dinding shaft utara Stasiun Bundaran HI, 20 Maret lalu. Hal ini menjadi tanda terowongan northbound sepanjang 563 meter dari sisi Selatan Stasiun Thamrin telah terhubung dengan sisi Utara Stasiun Bundaran HI.

Sebelumnya, TBM 1 juga sudah menuntaskan pembuatan terowong raksasa bawah tanah sepanjang 563 meter pada jalur southbound; dari sisi Utara Stasiun Bundaran HI ke sisi Selatan Stasiun Thamrin.

Jalur northbound adalah rute kereta ratangga, sebutan MRT, dari Stasiun Lebak Bulus ke Stasiun Kota. Sedangkan, jalur southbound adalah perjalanan sebaliknya atau dari Stasiun Kota menuju Stasiun Lebak Bulus.

"Total panjang terowongan sekitar 1.126 meter," kata juru bicara PT MRT Jakarta, Ahmad Pratomo dalam rilis yang diterima, Selasa (28/3/2023).

Menurut dia, MRT Jakarta akan membongkar mesin TBM 1 kemudian dipindahkan ke sisi Utara Stasiun Monas. Rencananya, TBM 1 akan membanguna terowongan southbound dari Stasiun Monas ke Stasiun Harmoni dengan panjang 1.029 meter.

Pekerja menyelesaikan proyek MRT Jakarta fase 2A CP201 di Monas, Jakarta, Selasa (21/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)