Logo Bloomberg Technoz

Akuisisi KCI oleh MRT Jakarta Masih Tunggu Kajian

Rezha Hadyan
02 February 2023 08:12

Kereta Commuter Line (PT KAI Commuter Line)
Kereta Commuter Line (PT KAI Commuter Line)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali angkat bicara terkait dengan rencana akuisisi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) oleh PT MRT Jakarta (Perseroda) yang hingga saat ini belum menemukan titik terang.

Plt. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menyebut akuisisi yang akan dilakukan oleh MRT Jakarta terhadap KCI dilakukan untuk mengintegrasikan layanan transportasi di wilayah Jabodetabek melalui satu otoritas. Nantinya, MRT Jakarta akan mengambil alih operasi Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek dari KCI.

Saat ini, pihak-pihak terkait masih berada dalam tahap penjajakan. Oleh karena itu, Risal belum bisa berkomentar banyak mengenai rencana akuisisi itu.

"Untuk masalah berapa persentasenya, kita belum bicara secara mendalam. Semuanya masih dikaji," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI di Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (1/2/2023).

Kemudian untuk skema public service obligation, kemungkinan akan menjadi tanggung jawab dari Pemprov DKI Jakarta lantaran status MRT Jakarta yang sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Saat ini, PSO yang diterima oleh KCI untuk tarif KRL berasal dari pemerintah pusat melalui induk usahanya PT Kereta Api Indonesia (Persero).