Logo Bloomberg Technoz

Kementerian PUPR Undang Puluhan Pengusaha Jepang ke Proyek IKN

Tara Marchelin
31 March 2023 19:43

Wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)
Wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebanyak 50 delegasi dari Jepang akan meninjau secara langsung proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser, Kalimantan Timur, Sabtu (1/4/2023). Puluhan delegasi ini berpotensi menjadi investor dalam rangka kerjasama pembangunan IKN.

Hiroto Izumi, Penasihat senior Japan Bank for International Cooperation (JBIC) sebagai pimpinan delegasi mengatakan, rombongan calon investor tersebut terdiri dari sejumlah perusahaan publik di Jepang. Bahkan, kata dia, sudah ada beberapa perusahaan publik lain dari Negeri Bunga Sakura tersebut yang sudah berkunjung ke kawasan IKN, Januari lalu.

"Bapak Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono) mengundang kami melihat langsung pembangunan IKN," kata Hiroto dalam siaran pers, Jumat (31/3/2023). 

Dia juga mengatakan, para delegasi sebelumnya sudah membuat seminar khusus untuk mempelajari konsep pembangunan IKN. Menurut dia, para pengusaha Jepang ingin mengetahui lebih banyak dan detil tentang proyek tersebut. Bahkan, delegasi membentuk tim khusus yang nantinya akan mempelajari sejumlah peluang kerja sama dalam pembangunan IKN.

"Di kalangan swasta perwakilan perusahaan terkemuka di Jepang telah mempertimbangkan keterlibatan dalam proyek yang akan datang di IKN," kata dia. 

Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan proyek Rumah Tapak Menteri di kawasan IKN. (Dok Dindha/setkab.go.id)