Logo Bloomberg Technoz

Minat Investor Singapura ke IKN Besar, Bakal Ada Forum Khusus Mei

Ezra Sihite
16 March 2023 16:32

Presiden Jokowi dan PM Lee Hsien Loong di Singapura (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi dan PM Lee Hsien Loong di Singapura (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong, Singapura di Leaders’ Retreat, Singapura membahas berbagai kerja sama. Namun yang mendapat porsi paling besar adalah soal investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

PM Lee mengatakan, banyak kemajuan yang mereka sepakati setelah pertemuan terakhir di Bintan pada tahun lalu. Dia mengatakan mereka membicarakan proyek pembangunan di IKN yang memiliki visi kota pintar dan hijau. Topik ini diakui Lee menjadi hal yang dominan mereka bahas.

"Salah satu MoU hari ini adalah bentuk kerja sama kami dalam bentuk pembangunan kapasitas dan penelitian untuk pembangunan Nusantara (IKN) sebagai kota pintar dan berkelanjutan (smart and sustainable)," kata PM Lee dalam pernyatan pers bersama sebagaimana dikutip dari kanal Sekretariat Presiden, Kamis (16/3/2023).

Dia menambahkan pada Mei 2023 mendatang, dirinya dan Presiden Jokowi berencana akan hadir di forum yang akan ditujukan bagi para investor soal IKN dan hal-hal apa saja yang bisa ditawarkan kepada mereka.

"Hal ini menjadi prioritas bagi Presiden (Jokowi) dan Indonesia dan Singapura sangat senang bisa berbagai visi untuk hal tersebut," lanjut Lee.