Logo Bloomberg Technoz

PUPR Kejar Penyelesaian Infrastruktur Air Bersih IKN

Rezha Hadyan
19 March 2023 17:58

Lokasi konstruksi di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)
Lokasi konstruksi di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan infrastruktur penyedia kebutuhan air baku dan pengendali banjir di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara rampung sebelum akhir tahun ini.

Infrastruktur tersebut adalah Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sungai Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang disiapkan sebagai infrastruktur penyediaan kebutuhan air baku dan pengendalian banjir di kawasan IKN.

Plt. Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Jarot Widyoko mengatakan bahwa pembangunan kedua proyek itu akan diikuti dengan penyiapan pompa air baku secara bertahap.

"Pada tahun 2023 disiapkan pompa air baku dari bendungan berkapasitas 300 liter/detik," kata melalui keterangan tertulis yang diterima Bloomberg Technoz, Minggu (19/3/2023).

Untuk proyek pompa air baku Intake Sungai Sepaku, ia mengatakan, pada tahap awal akan disiapkan empat pompa masing-masing berkapasitas 600 liter/detik. Dari empat pompa yang disiapkan, akan dioperasikan sebanyak tiga pompa dan satu pompa sebagai cadangan.