Logo Bloomberg Technoz

Merger FREN-EXCL Bisa Lahirkan Operator Terbesar Ketiga RI

Sultan Ibnu Affan
30 May 2024 12:20

Ilustrasi operator seluler XL Axiata (EXCL) dan Smatfren (FREN). (Dok: Kolase XL dan Smartfren/situs perusahaan)
Ilustrasi operator seluler XL Axiata (EXCL) dan Smatfren (FREN). (Dok: Kolase XL dan Smartfren/situs perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rencana merger PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) dinilai akan menjadikan kedua perusahaan menjadi operator terbesar ketiga di Indonesia.

Ini dikarenakan jika EXCL dan FREN resmi bergabung, akan menciptakan penggabungan pendapatan dan jumlah pelanggan dari raksasa operator telekomunikasi Tanah Air yang kini dipegang oleh PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dan PT Indosat Tbk (ISAT).

"Jika kesepakatan ini terwujud, kombinasi XL (EXCL) dan SmartFren (FREN) akan menciptakan operator seluler terbesar ke-3 di Indonesia dalam hal pendapatan dan jumlah pelanggan," ujar analis CGS Internasional Bob Setiadi dan Rut Yesika dalam risetnya, dikutip Kamis (30/5/2024).

Kedua analis juga berpandangan bahwa kedua entitas hasil merger FREN dan EXCL tersebut akan memiliki kualitas jaringan yang lebih baik, dan mampu bersaing. Ini seiring dengan FREN yang memiliki bandwidth spektrum 800 MHz dan 2.300 MHz.

Saat ini, CGS Internasional juga mencatat pendapatan rata-rata pengguna atau ARPU FREN memang masih lebih rendah, yakni Rp26 ribu, dibandingkan EXCL yang Rp43 ribu. Rasio biaya operasional terhadap pendapatan FREN juga lebih tinggi dari EXCL dengan porsi 55,9% dan 51,3%.