Logo Bloomberg Technoz

Penerbangan Haji Sering Ngaret, Ini Penjelasan Bos Garuda

Dovana Hasiana
23 May 2024 18:20

Pesawat Garuda Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pesawat Garuda Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) Irfan Setiaputra tidak menampik ihwal layanan penerbangan perseroan yang kerap mengalami keterlambatan selama melayani penerbangan haji, sebagaimana disampaikan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Irfan menjelaskan salah satu faktor keterlambatan penerbangan disebabkan oleh adanya cuaca. Menurutnya, perseroan juga sudah menyampaikan penyebab tersebut kepada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kemenag.

“Jadi soal ini kami sangat memahami dan menyampaikan permintaan maaf kita dan upaya kita untuk perbaikan-perbaikan,” ujar Irfan dalam agenda RUPST, Rabu (22/5/2024).

“Namun, saya tidak mendengar keluhan lainnya. Memang di media ada banyak sekali statement bahwa masih terjadi masalah. Kita tidak mau berpolemik.”

Dirut Garuda Indonesia,Irfan Setiaputra saat ditemui di Jakarta, Selasa (30/5/2023)./Bloomberg Technoz-Rezha Hadyan


Selain itu, Irfan mengatakan, terdapat keterlambatan yang disebabkan adanya percikan api pada salah satu mesin (engine). Hal ini terjadi pada penerbangan GA-1105 rute Makassar–Madinah pada Rabu (15/5/2024).