Logo Bloomberg Technoz

10 Saham Naik Kelas Papan Utama, HMSP hingga KAEF Turun Kasta

Sultan Ibnu Affan
23 May 2024 17:45

Logo Bursa Efek Indonesia - IHSG. (Dok Bloomberg)
Logo Bursa Efek Indonesia - IHSG. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi menetapkan sebanyak 10 saham untuk masuk ke papan utama dari sebelumnya berada di papan pengembangan.

Berdasarkan pengumumannya, dikutip Kamis (23/5/2024), beberpa saham tersebut yakni PT Bank Capital Indonesia Tbk (BACA), PT Berdikari Pondasi Perkasa Tbk (BDKR), hingga PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI).

Selain menaikkan kelas, BEI juga tercatat menurunkan sebanyak total 109 saham dari papan utama ke papan pengembangan. Bebeberapa saham yang turun kasta itu seperti PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Archi Indonesia Tbk (ARCI), PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) hingga PT Kimia Farma Tbk (KAEF).

BEI mengatakan, perubahan penempatan papan pencatatan tersebut berlaku sejak tanggal 31 Mei mendatang, sepanjang tidak ada hal tertentu yang mempengaruhi keputusan perpindahan papan sesuai dengan Peraturan Bursa.

"Jika terdapat hal/peristiwa tertentu yang terjadi pada Perusahaan Tercatat sebelum tanggal efektif perpindahan papan, Bursa berwenang melakukan perubahan atas pengumuman ini," seperti dikutip dari keterbukaan informasi, Kamis (23/5/2024).