Logo Bloomberg Technoz

Solusi Ma'ruf Amin soal UKT, Kritik soal Pendidikan Tersier

Redaksi
23 May 2024 14:45

Ilustrasi perguruan tinggi atau Universitas. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi perguruan tinggi atau Universitas. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menawarkan solusi di tengah polemik kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) yang memancing riuh di kalangan mahasiswa. Ma'ruf menekankan perlunya pembiayaan secara proporsional agar UKT tak membebani mahasiswa.

"Menurut saya, solusinya ya dibagi ini. Harus menjadi beban pemerintah sesuai dengan kemampuan, menjadi beban mahasiswa sesuai dengan kemampuan, dan menjadi beban perguruan tinggi melalui badan-badan usaha yang dikembangkan untuk menanggung sebagian," ujar Wapres Ma'ruf Amin, Rabu (22/5/2024)..

Ia meyakini persoalan mahalnya biaya kuliah tersebut akan bisa diatasi jika proporsionalitas pembiayaan terbangun di antara ketiga pihak tersebut.

Menyinggung perdebatan soal kuliah sebagai kebutuhan tersier, Wapres berpendapat bahwa pendidikan tinggi tetap penting meskipun tidak semua orang harus masuk perguruan tinggi.

"Menurut saya perguruan tinggi itu juga penting karena kita harus menyiapkan sumber daya manusia yang unggul," jelas Wapres Ma'ruf Amin.