Logo Bloomberg Technoz

China Gelar Latihan Militer Terbesar di Sekitar Taiwan

News
23 May 2024 11:15

Latihan militer (Dok: Bloomberg)
Latihan militer (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China mengadakan latihan militer paling besar dalam setahun di sekitar Taiwan, hanya beberapa hari setelah Lai Ching-te mengambil alih jabatan sebagai presiden baru pulau itu.

Latihan pada Kamis (23/5/2024) itu dimaksudkan untuk "menjadi hukuman yang keras atas tindakan separatis pasukan 'kemerdekaan Taiwan' dan peringatan keras terhadap campur tangan dan provokasi oleh kekuatan eksternal," lapor kantor berita resmi Xinhua, mengutip juru bicara militer.

Kalimat "referensi eksternal" kemungkinan besar merujuk pada AS, yang merupakan pendukung utama militer Taiwan. Presiden Joe Biden telah berulang kali mengatakan bahwa AS akan mempertahankan demokrasi dari 23 juta orang jika diserang, sementara China telah berjanji untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya, dengan kekerasan jika perlu.

Latihan ini meningkatkan tekanan terhadap Lai, yang mulai menjabat sebagai presiden di pulau yang memproduksi sebagian besar cip tercanggih di dunia tersebut pada Senin. Dia mengatakan dalam pidato pengukuhannya bahwa China harus membatalkan ancaman perangnya dan tidak ada satu pihak pun yang berada di bawah pihak lain.