Logo Bloomberg Technoz

Penjualan Rumah di AS Merosot pada April, Harga Tetap Tinggi

News
23 May 2024 06:30

Perumahan di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Perumahan di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Michael Sasso - Bloomberg News 

Bloomberg, Penjualan rumah existing atau siap pakai di Amerika Serikat (AS) secara tak terduga turun pada April, dan menjadi penurunan kedua tahun ini. Hal tersebut menambah bukti bahwa pasar penjualan sedang kembali berjuang untuk mendapatkan daya tarik di tengah harga yang hampir memecahkan rekor dan biaya pinjaman yang tinggi.

Kontrak kesepakatan pembelian turun 1,9% dari bulan lalu ke tingkat tahunan 4,14 juta, menurut data National Association of Realtors (NAR) yang dirilis Rabu (22/5/2024). Angka tersebut berada di bawah perkiraan median sebesar 4,23 juta dalam survei ekonom Bloomberg.

“Harga rumah yang mencapai rekor tertinggi pada April merupakan kabar baik bagi pemilik rumah,” kata Kepala Ekonom NAR Lawrence Yun dalam sebuah pernyataan. “Namun, laju kenaikan harga akan berkurang karena semakin banyak persediaan perumahan yang tersedia.”

Pemulihan permintaan yang baru terjadi dari level terendah dalam 13 tahun pada Oktober, terhambat oleh terbatasnya persediaan yang membuat harga permintaan tetap tinggi. Pada awal 2021, penjualan tahunan mencapai lebih dari 2 juta di atas laju saat ini, sementara suku bunga hipotek berada di sekitar 3% dibandingkan dengan 7% saat ini.