Logo Bloomberg Technoz

Pengusaha Usahakan Bayar THR Meski Bisnis Belum 100% Pulih

Krizia Putri Kinanti
30 March 2023 12:06

Ilustrasi pekerja bekerja di pabrik (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi pekerja bekerja di pabrik (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengungkapkan mayoritas pengusaha akan mencairkan Tunjangan Hari Raya (THR) sebelum memasuki cuti bersama Lebaran yang jatuh pada 19 April 2023. Sesuai dengan instruksi Surat Edaran Menaker Nomor M/2/HK.04.00/III/2023.

Hariyadi optimistis pengusaha mampu untuk membayar THR secara penuh dan tidak dicicil, melihat kondisi sebagian besar perusahaan sudah membaik meski belum 100% pulih seperti saat sebelum pandemi.

"Alhamdulillah sekarang beberapa sektor usaha sudah mulai pulih, cashflow juga mulai membaik. Perusahaan juga udah ada pengalaman mereka mulai cicil anggaran untuk bayar THR dari tahun lalu. Saya rasa kita lebih siap lah dengan THR tahun ini," kata Hariyadi kepada Bloomberg Technoz, Kamis (30/3/2023)

Senada dengan Hariyadi, Sekjen Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Anggawira mengimbau kepada seluruh pengusaha untuk mentaati peraturan yang telah berlaku.

Ia mengatakan bahwa kondisi tahun ini berbeda dengan kondisi tahun lalu, di mana saat ini bisnis sudah dalam masa pemulihan dari Covid-19 sehingga diharapkan para pengusaha bisa membayarkan THR secara penuh, tanpa dicicil.