Logo Bloomberg Technoz

Hyundai Bakal Produksi Mobil Listrik KONA Mulai Juni 2024

Dovana Hasiana
20 May 2024 20:20

Hyundai Kona Electric di pamerkan dalam ajang IIMS 2024 di JIExpo, Jakarta, Kamis (15/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Hyundai Kona Electric di pamerkan dalam ajang IIMS 2024 di JIExpo, Jakarta, Kamis (15/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendapatkan undangan dari CEO Hyundai Motor Group Euisun Chung untuk grand opening ceremony pabrik sel baterai dan produksi massal mobil listrik KONA di Bekasi, Jawa Barat pada Juni 2024 mendatang.

Adapun undangan tersebut disampaikan saat Airlangga melakukan kunjungan kerja di Korea Selatan. 

“Chairman Hyundai mengundang untuk grand opening pabrik sel baterai dan produksi masal mobil listrik KONA di Bekasi,” ujar Airlangga dalam siaran pers, Senin (20/5/2024). 

Dalam kesempatan tersebut, Indonesia juga mendorong beberapa kesepakatan yang telah dilakukan pada Joint Committee Meeting on Economic Cooperation (JCEC) sebelumnya yang didukung oleh Hyundai seperti investasi Hyundai Motor pada kendaraan listrik Indonesia, seperti pabrik mobil jadi, pabrik gabungan sel baterai, pabrik paket baterai, dan lain-lain.

Airlangga mengatakan Hyundai sedang membangun pabrik baterai untuk memproduksi kendaraan listrik yang dilengkapi sel baterai Indonesia pada 2024 ini. Pembangunan pabrik sel baterai tersebut dilakukan di Karawang, Jawa Barat, dan itu merupakan perusahaan patungan dengan LG Energy Solution yang akan mulai berproduksi komersial pada kuartal ketiga 2024.