Logo Bloomberg Technoz

Elon Musk Luncurkan Starlink di Bali, Ini Paket dan Harganya

Redaksi
19 May 2024 16:30

Perbandingan Harga Internet Starlink Vs First Media, Biznet Cs (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Perbandingan Harga Internet Starlink Vs First Media, Biznet Cs (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bos SpaceX, Elon Musk resmi meluncurkan layanan internet PT Starlink Services  Indonesia (SSI) di Kantor Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Jalan Muh Yamin VIII, Denpasar, Bali. 

Peluncuran layanan internet dari bisnis unit Starlink Space Exploration Technologies Corp ini ditandai dengan penekenan kesepakatan antara Elon Musk dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang ditemani Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi.

Pemerintah memang telah mengumumkan rencana peluncuran Starlink yang diprioritaskan bagi wilayah pedalaman atau daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) pada pertengahan Mei 2024..

Starlink menjadi pembeda karena menggunakan teknologi satelit orbit rendah ( (Low earth Orbit/LEO), diklaim mampu menghadirkan kecepatan upload maupun download, baik perangkat berada di rumah atau saat dipakai bepergian.

Wilayah yang belum memiliki infrastruktur jaringan internet kabel optik adalah pasar utama Starlink. Berbeda dengan perkotaan yang relatif telah dipenuhi jaringan internet dari beberapa provider.