Logo Bloomberg Technoz

IHSG Dibuka di Zona Hijau di Tengah Sentimen Pernyataan The Fed

Muhammad Julian Fadli
17 May 2024 09:05

Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Jumat (17/5/2024), dibuka menguat. Pada pukul 9.03 WIB, indeks mencatat kenaikan 13,37 poin atau setara dengan 0,18% ke level 7.260.

Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia, volume perdagangan tercatat 560 juta saham dengan nilai transaksi Rp516 miliar. Adapun frekuensi yang terjadi sebanyak 45.193 kali.

Sebanyak 173 saham menguat dan 104 saham melemah. Sementara, 203 saham tidak bergerak.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global. Investor mencerna lebih lanjut terkait arah dan prospek suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed), yang saat ini mengurangi optimisme mereka setelah pernyataan terbaru tiga pejabat Federal Reserve semalam.

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, tiga pejabat Federal Reserve mengatakan Bank Sentral harus mempertahankan biaya pinjaman tetap tinggi untuk periode yang lebih lama sambil menunggu bukti lebih lanjut bahwa inflasi akan mereda. Hal ini menunjukkan bahwa mereka tidak terburu-buru untuk menurunkan suku bunga.