Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Kecam Aksi Warga Israel yang Rusak Bantuan Kemanusiaan

Redaksi
16 May 2024 16:20

Truk yang membawa bantuan kemanusiaan tiba dari Mesir di perbatasan Rafah di Rafah, Gaza, Jumat (24/11/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Truk yang membawa bantuan kemanusiaan tiba dari Mesir di perbatasan Rafah di Rafah, Gaza, Jumat (24/11/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri RI mengecam keras perusakan dan blokade bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh masyarakat internasional kepada penduduk Gaza, Palestina.

"Indonesia mengecam keras blokade dan penggeledahan yang dilakukan oleh tentara Israel terhadap bantuan kemanusiaan dari masyarakat internasional untuk warga Gaza," bunyi keterangan di media sosial X @Kemlu_RI, Kamis (16/5/2024).

Dalam keterangannya, Kemenlu RI mengatakan bahwa pembiaran yang dilakukan aparat keamanan menunjukkan bahwa Israel terus mencoba mencegah pasokan bantuan kemanusiaan kepada warga Gaza.

"Pengabaian yang dilakukan oleh aparat keamanan Israel membuktikan bahwa Israel terus berusaha menghalangi distribusi bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Gaza dengan berbagai cara. Tindakan ini harus ditindak tegas dan langkah-langkah harus diambil untuk memastikan bahwa hal ini tidak akan terulang lagi," kata Kemenlu RI.