Logo Bloomberg Technoz

Dubai akan Bangun Kolam Renang Terpanjang di Kantilever

Dinda Decembria
13 May 2024 18:50

Ilustrasi kota Dubai. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi kota Dubai. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dubai membuat gebrakan terbaru dengan struktur bangunannya dengan membangun kolam renang terpanjang di kawasan Uni Emirat Arab.

Melansir dari CNN, gedung pencakar langit kembar One Za'abeel  yang baru dibuka untuk gedung bagi bangunan kantilever terpanjang di dunia. Di atas bangunannya terdapat kolam renang tanpa batas terpanjang di Uni Emirat Arab, yang panjangnya 120 meter (393 kaki).

Kantilever adalah struktur yang hanya dihubungkan pada salah satu ujungnya, dan menonjol secara horizontal tanpa ditopang, seperti papan loncat. Kantilever di One Za'abeel merupakan bagian dari struktur sepanjang 230 meter (755 kaki) yang dikenal sebagai “The Link,” dengan kantilever yang menonjol setinggi 67,5 meter (221 kaki) di atas kota.

"Gedung ini menghubungkan dua menara pengembangan mewah, menyediakan ruang untuk fasilitas bersama dan fasilitas gaya hidup," kata Fadi Jabri, CEO Nikken Sekkei Dubai, firma arsitektur di belakang gedung tersebut.

“Melayang di udara,” koridor kaca raksasa adalah sebuah keajaiban teknik namun ini bukan hanya untuk pertunjukan," tambah Jabri.