Logo Bloomberg Technoz

SugarCo: Proyek Merauke Akan Hasilkan Gula Rafinasi, Tak Cuma GKP

Pramesti Regita Cindy
08 May 2024 14:45

Pekerja memasukkan gula ke dalam karung. (Dok. Bloomberg)
Pekerja memasukkan gula ke dalam karung. (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Sinergi Gula Nusantara (PT SGN) atau Sugar Co mengonfirmasi megaproyek swasembada gula melalui pembukaan jutaan hektare lahan tebu di Merauke, Papua Selatan tidak hanya akan mengahsilkan gula kristal putih (GKP) saja, tetapi juga gula kristal rafinasi (GKR) untuk kebutuhan industri.

Presiden Direktur Sugar Co Aris Toharisman mengatakan, untuk tahap awal, target pemerintah adalah memproduksi GKP demi memenuhi kebutuhan konsumsi dan mencapai target swasembada gula pada 2028.

“Selebihnya kemudian akan menghasilkan gula untuk kebutuhan industri skala [gula kristal] rafinasi,” ujarnya kepada Bloomberg Technoz, Rabu (8/5/2024).

Akan tetapi, dia menekankan, rencana memproduksi gula rafinasi itu baru akan dilakukan setelah pemerintah yakin kebutuhan gula konsumsi aman dan terpenuhi dari dalam negeri.

“Diproyeksikan pada 2028 itu hampir 3,8 juta ton untuk direct consumption [konsumsi langsung]-nya. Iya, tahap awal [fokus ke produksi gula konsumsi dahulu], tahap selanjutnya [memproduksi GKR] setelah konsumsinya terpenuhi dahulu,” kata Aris. 

Lahan tebu di Austraila./Bloomberg-Carla Gottgens