Logo Bloomberg Technoz

RI Berencana Bangun Bank Emas, Optimalkan Pegadaian & Freeport

Sultan Ibnu Affan
08 May 2024 11:00

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam acara Diskusi Taman yang digelar BRI Research Institute, Jumat (12/1/2024). (Dok. BRI)
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam acara Diskusi Taman yang digelar BRI Research Institute, Jumat (12/1/2024). (Dok. BRI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) mengungkapkan rencana pemerintah untuk membentuk bank emas atau gold bullion bank di Indonesia.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wiroatmodjo alias Tiko mengatakan, rencana itu sejalan dengan potensi emas sebagai investasi aset yang aman, yang saat ini juga tengah diburu investor seiring ketegangan konflik geopolitik global.

"Sekarang ini justru negara-negara besar, Cina, Amerika malah back to gold lagi, karena dengan situasi geopolitik yang sekarang semakin tidak terprediksi. Jadi ini sebenarnya bukan aset yang sunset,"ujar Tiko di Jakarta, dikutip Rabu (8/5/2024).

Tiko juga menyoroti pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian atau smelter yang dimiliki oleh PT Freeport Indonesia di Manyar, Gresik, yang akan berpotensi memproduksi emas sebanyak 50 ton per tahun.

Tiko juga meminta perusahaan pelat merah PT Pegadaian, yang disebut memiliki pengalaman dalam mengelola aset investasi emas, untuk bekerja sama dengan Holding BUMN Pertambangan MIND ID.