Logo Bloomberg Technoz

Pertama Kalinya, AS Hentikan Pengiriman Amunisi ke Israel

Redaksi
07 May 2024 16:30

Amunisi saat latihan dengan Brigade Pengawal Nasional Bureviy di kawasan hutan dekat Kyiv, Ukraina, Kamis (22/6/2023). (Seth Herald/Bloomberg)
Amunisi saat latihan dengan Brigade Pengawal Nasional Bureviy di kawasan hutan dekat Kyiv, Ukraina, Kamis (22/6/2023). (Seth Herald/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Amerika Serikat telah menghentikan pengiriman amunisi buatannya yang menuju ke Israel minggu lalu, demikian dilaporkan oleh media AS, Axios, dengan mengutip para pejabat Israel.

Menurut Axios, melansir Al Arabiya, Selasa (7/5/2024), ini adalah pertama kalinya sejak perang di Gaza dimulai Oktober lalu, Amerika Serikat mencegah pengiriman senjata ke tentara Israel.

Laporan ini muncul ketika Presiden AS Joe Biden menghadapi tekanan yang meningkat di kalangan warga Amerika yang menentang dukungan teguh AS terhadap Israel--yang terbaru adalah gerakan protes mahasiswa yang sedang berlangsung di kampus-kampus AS yang telah menarik perhatian global dan menginspirasi gerakan serupa di negara-negara lain.

Pada Jumat, beberapa anggota Partai Demokrat di DPR AS mendesak Biden untuk mempertimbangkan penghentian penjualan senjata ke Israel jika tidak mengubah pendekatannya di Gaza dalam perangnya melawan Hamas.

Sebuah surat yang ditandatangani oleh 86 anggota Kongres dari Partai Demokrat telah dikirim ke Gedung Putih yang mendesak Biden untuk mengambil sikap yang lebih tegas terhadap Israel, demikian menurut laporan AFP.