Logo Bloomberg Technoz

Kedutaan Besar Israel di Semua Negara Diminta Siaga, Ada Apa?

Redaksi
30 April 2024 14:00

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat konferensi pers di Tel Aviv, Israel, Senin (10/4/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat konferensi pers di Tel Aviv, Israel, Senin (10/4/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, telah mengeluarkan sebuah instruksi yang menyerukan kedutaan-kedutaan besar (kedubes) Israel di seluruh dunia untuk meningkatkan keamanan. 

Perintah tersebut dibuat setelah muncul kemungkinan Mahkamah Internasional atau ICC akan mengeluarkan surat perintah penangkapan para petinggi Israel, termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Seperti diberitakan Jerusalem Post, langkah ini dilakukan di tengah kekhawatiran akan lonjakan sentimen antisemitisme secara global.

"Ancaman yang ditimbulkan terhadap komunitas Yahudi di luar negeri tidak dapat diremehkan," ungkap Katz. 

Selain memperkuat keamanan di kedutaan-kedutaan Israel, dia juga mendesak organisasi-organisasi Yahudi di seluruh dunia untuk berkolaborasi secara erat dalam mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan-kemungkinan munculnya sentimen anti-Israel. 

Permintaan Katz untuk meningkatkan kewaspadaan juga ditujukan kepada Menteri Amichai Chikli, yang bertanggung jawab memerangi antisemitisme. Katz berharap ICC akan menahan diri untuk tidak mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap para pejabat Israel.