Logo Bloomberg Technoz

Demonstran Pro-Palestina dan Pro-Israel Bentrok di UCLA

Redaksi
29 April 2024 14:20

Demonstrasi mahasiswa pro-Palestina di kampus MIT pada 22 April 2024. (Sumber: Bloomberg)
Demonstrasi mahasiswa pro-Palestina di kampus MIT pada 22 April 2024. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Protes di universitas-universitas di AS tidak menunjukkan tanda-tanda mereda selama akhir pekan, dengan lebih banyak penangkapan di kampus-kampus di seluruh negeri dan bentrokan antara demonstran pro-Israel dan pro-Palestina di UCLA, di mana sebuah perkemahan tenda didirikan pekan lalu.

Seiring dengan meluasnya perkemahan pro-Palestina di Universitas California di Los Angeles dalam beberapa hari terakhir, para demonstran kontra-protes menjadi semakin vokal dan terlihat di kampus tersebut, meskipun kedua belah pihak tetap damai hingga Minggu.

Hal ini berubah ketika beberapa demonstran menerobos pembatas yang dipasang oleh pihak kampus untuk memisahkan kedua kelompok, kata Mary Osako, wakil rektor UCLA untuk komunikasi strategis.

Anggota dari kedua faksi saling mendorong dan meneriakkan slogan-slogan dan hinaan, dan dalam beberapa kasus saling bertukar pukulan. Aksi saling dorong dan dorong terus berlangsung selama beberapa waktu di antara kantong-kantong demonstran, namun polisi kampus yang dipersenjatai dengan tongkat akhirnya memisahkan kedua kelompok yang bertikai.

"UCLA memiliki sejarah panjang sebagai tempat protes damai, dan kami sangat sedih dengan kekerasan yang terjadi," kata Osako dalam sebuah pernyataan.