Logo Bloomberg Technoz

Gelombang Panas Landa Thailand, Beberapa Daerah Catat Rekor Baru

News
30 April 2024 06:30

Cuaca panas ekstrem. (Dok: Bloomberg)
Cuaca panas ekstrem. (Dok: Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat - Bloomberg News

Bloomberg, Thailand terguncang di bawah cengkeraman gelombang panas yang parah dengan suhu yang melonjak hingga mencapai rekor tertinggi di beberapa daerah dan pihak berwenang memperingatkan cuaca yang lebih buruk dalam beberapa hari mendatang.

Lebih dari tiga lusin distrik di 77 provinsi di Thailand telah mencatat rekor suhu pada April, yang umumnya merupakan bulan terpanas dalam setahun, dengan rekor tertinggi baru mengalahkan rekor yang dipegang sejak tahun 1958, menurut data dari Departemen Meteorologi Thailand.

Suhu telah mencapai 40C (104F) di 26 provinsi bulan ini, menurut badan tersebut. Provinsi Lampang di bagian utara telah mengalami suhu tertinggi sepanjang tahun ini, yaitu 44,2C, hanya sedikit di bawah suhu tertinggi yang pernah tercatat di Thailand--44,6C--yang terakhir kali terjadi pada tahun 2016 dan 2023.

Penggunaan listrik di Thailand melonjak ke rekor tertinggi pada Sabtu di angka 36.356 megawatt karena suhu yang melonjak di seluruh negeri, mendorong pihak berwenang untuk berulang kali mengeluarkan peringatan kesehatan di tengah meningkatnya jumlah kematian akibat suhu panas.