Logo Bloomberg Technoz

Pernyataan yang muncul dari anggota kunci tim pemenangan Prabowo menggarisbawahi risiko independensi dari kebijakan moneter oleh bank sentral yang bisa membebani kredibilitas Bank Indonesia ke depan.

Indonesia sebaiknya berkaca pada Thailand di mana langkah intervensi pemerintah terhadap bank sentral agar tidak menaikkan bunga pinjaman meski sebenarnya itu dibutuhkan, bisa membawa masalah.

Meski begitu, Dradjad memastikan bahwa kepemimpinan Prabowo nanti akan memberikan independensi pada bank sentral dalam menjalankan tugasnya.

Menurut Dradjad, pelemahan rupiah belakangan ini tidak mencerminkan fundamental ekonomi sehingga kenaikan BI rate adalah hal yang tidak diperlukan saat ini.

Rupiah bergerak di kisaran Rp16.162/US$ siang ini jelang pengumuman BI rate oleh Bank Indonesia. Rupiah sempat menyentuh level terlemah baru sejak April 2020 pada pekan lalu tertekan aksi jual pemodal asing yang masif dari pasar keuangan domestik.

Makan siang gratis

Prabowo berencana menjalankan berbagai program yang ia janjikan selama kampanye, program-program populis berbiaya sangat besar seperti makan siang gratis, yang membuat para investor khawatir terhadap keberlanjutan kebijakan fiskal Indonesia dalam jangka menengah.

"Banyak yang bilang kebijakan Prabowo akan menghancurkan anggaran. Memang [kebijakan-kebijakan] itu membutuhkan biaya besar akan tetapi hal tersebut masih bisa dilakukan dalam koridor fiskal yang disiplin. Tidak akan ada kebijakan fiskal yang tidak bertanggung jawab," kata Dradjad.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming telah ditetapkan sebagai pemenang Pilpres oleh KPU siang ini dan akan diambil sumpahnya sebagai presiden serta wakil presiden pada Oktober nanti.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo telah menetapkan target rasio utang pada 2025, tahun pertama Prabowo berkuasa penuh, berada di kisaran 39,77%-40,14%. Target ini tercantum dalam rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025.

Target rasio utang tersebut melonjak dibanding realisasi 2023 sebesar 38,98%, serta rancangan Anggaran dan Pendapatan Negara (APBN) 2024 yang dipatok 38,26%.

Deputi Bidang Ekonomi Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti menjelaskan arah kebijakan RKP dirancang untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi RI. Ia membeberkan 3 arah kebijakan yang terkandung dalam RKP, yakni Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, infrastruktur yang berkelanjutan dan ekonomi yang inklusif.

“2025 sudah kita pastikan dan kita siapkan sekarang dalam masa transisi. Jadi transisi ini, 2025 menjadi awal pintu gerbang untuk menyiapkan menuju indonesia emas 2045, jadi sudah kita combine,” ujar Amalia.

Asumsi dasar makro KEM-PPKF 2025 terdiri dari sebagai berikut. Pertama, pertumbuhan ekonomi di kisaran 5,3%-5,6%. Kedua, inflasi pada kisaran 2,5% ±1%. Ketiga, nilai tukar rupiah ditetapkan Rp15.000-15.400/US$.

Keempat, harga minyak mentah (Indonesia Crude Price/ICP) berkisar di antara US$ 75-85 per barel. Kelima, lifting minyak yaitu 583-605 ribu barel per hari dan lifting gas 1.000-1.045 juta barel setara minyak per hari. Serta, Suku Bunga SBN 10 tahun di kisaran 6,5%-7,0%.

-- dengan bantuan laporan Azura Yumna

(rui)

No more pages