Logo Bloomberg Technoz

Misteri Reli Harga Emas Tahun Ini: Biang Keladinya dari China

News
24 April 2024 07:20

Karyawan melayani jual beli emas perhiasan di sebuah toko emas di Pasar Kebayoran, Jakarta, Jumat (19/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andran Kristianto)
Karyawan melayani jual beli emas perhiasan di sebuah toko emas di Pasar Kebayoran, Jakarta, Jumat (19/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andran Kristianto)

Mark Burton, Sybilla Gross, dan Yvonne Yue Li - Bloomberg News

Bloomberg, Reli emas yang memecahkan rekor tahun ini telah membingungkan para pengamat pasar karena harga logam mulia batangan telah melonjak lebih tinggi meskipun ada hambatan yang seharusnya bisa menahan laju penguatan itu. Dengan merosotnya harga pada pekan ini, penyebabnya mungkin terletak pada China.

Setelah berminggu-minggu perdebatan mengenai apakah pembeli misterius memicu reli harga emas, beberapa tokoh terkemuka di pasar emas global sampai pada kesimpulan bahwa kekuatan pendorong baru adalah banyaknya investor ritel di Shanghai Futures Exchange (SHFE).

Dalam hitungan pekan, SHFE telah berubah dari tempat perdagangan berjangka yang tenang menjadi penghubung pasar emas global.

Meskipun pusat-pusat perdagangan yang bersaing seperti London dan New York juga mengalami peningkatan aktivitas, fakta bahwa volume SHFE telah melonjak dari tingkat yang rendah memberikan tanda yang menarik bahwa kelompok investor China yang baru telah membantu mendorong harga naik tajam.

Perdagangan emas di Shanghai dulang momentum./dok. Bloomberg