Logo Bloomberg Technoz

Emas telah melonjak tahun ini, melampaui US$2.000 per ons dari awal Maret di tengah tekanan besar yang, pada saat-saat biasa, akan membatasi kenaikan. Didorong oleh memudarnya ekspektasi terhadap penurunan suku bunga Federal Reserve, hal ini mencakup imbal hasil Treasury yang lebih tinggi dan penguatan dolar Amerika Serikat (AS). 

Selain itu, terjadi pemogokan pembeli virtual di India, konsumen terbesar kedua, ketidaktertarikan terhadap dana barat, dan penjualan bersih dana yang diperdagangkan di bursa. Namun, volume SHFE mulai melonjak, dan harga pun menguat.

“Satu-satunya hal yang mendorongnya seperti Bitcoin adalah permainan spekulatif besar-besaran,” menurut Ross Norman, mantan pedagang di Credit Suisse Group AG dan Rothschilds & Sons, yang sekarang memimpin jurnal Metals Daily.

Mengingat kenaikan suku bunga dan penguatan dolar, hal ini kemungkinan besar tidak berasal dari uang panas (hot money) di AS, sehingga pembeli yang paling mungkin adalah investor China yang mempunyai leverage tinggi, katanya.

Emas memiliki sejarah panjang di China sebagai alat tabungan, dan negara ini merupakan konsumen utama dan produsen terkemuka. Kepentingan tradisional ini telah dihidupkan kembali oleh gejolak yang terjadi di pasar properti dan saham lokal, dengan impor yang melonjak pada tahun 2022 dan 2023 meskipun dikontrol dengan ketat.

Ilustasi emas Fine Gold Switzerland

Aksi Borong

Selama berbulan-bulan, konsumen dan investor institusi di China telah membeli emas batangan fisik, sementara Peoples' Bank of China (PBOC) telah melakukan pembelian besar-besaran selama 17 bulan. Kedua kekuatan tersebut, yang membantu meningkatkan harga internasional, kini diperkuat oleh melonjaknya permintaan spekulatif.

Angka-angka mendukung teori tersebut. Perdagangan di SHFE telah meledak, dengan rata-rata volume harian hampir tiga kali lipat pada April dibandingkan dengan 12 bulan sebelumnya. Jumlah tersebut mencapai puncaknya pada sekitar 1.200 ton pada 15 April, yang merupakan angka tertinggi sejak 2019, sebelum harga mulai merosot pada pekan ini.

“Ini adalah tanda lain dari pasar negara berkembang, dan khususnya pedagang China, yang mengambil alih penemuan harga dari pasar Barat,” kata John Reade, kepala strategi pasar di Dewan Emas Dunia.

“Kami mengetahui dari pasar komoditas lain, bahwa dari waktu ke waktu, pedagang Shanghai menjadi pemain paling dominan. Hal ini tidak pernah terjadi pada emas, namun saya pikir sekarang hal ini mungkin telah berubah.”

Untuk kenaikan harga emas jangka panjang, hal ini bisa menjadi kekhawatiran jika kenaikan terbukti rapuh. Media pemerintah baru-baru ini mendesak kehati-hatian dalam mengejar reli, sementara SHFE menaikkan persyaratan margin untuk menghentikan pengambilan risiko yang berlebihan.

Patut dicatat bahwa meskipun volume SHFE melonjak, jumlah kontrak yang beredar hampir tidak berubah. Hal ini menunjukkan bahwa peserta melakukan perdagangan harian, tidak mengambil pandangan jangka panjang.

Emas batangan turun 2,7% pada Senin dan kerugian makin dalam pada Selasa, sebuah langkah yang Reade kaitkan dengan aksi ambil untung oleh investor jangka pendek di bursa.

Contoh Ekstrem

“Ini adalah ciri khas pasar dalam negeri China, meskipun merupakan contoh yang relatif ekstrem,” kata Marcus Garvey, kepala strategi komoditas di Macquarie Group Ltd. “Ada lebih banyak perputaran spekulatif jangka pendek."

Namun, tidak semua orang menganggap investor China adalah pendorong utama di balik kenaikan harga emas. 

“Ini bukan hanya pedagang biasa dan bukan hanya China,” kata Jeff Christian, direktur pelaksana CPM Group. “Ini benar-benar merupakan hal yang berbasis luas. Saat ini tidak ada banyak perbedaan dalam perilaku perdagangan institusi besar dibandingkan dengan masyarakat biasa.”

Emas mungkin disukai karena suku bunga AS yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama guna mengendalikan inflasi dapat membawa perekonomian ke dalam resesi, menurut Christian.

“Mereka semua yakin bahwa suku bunga tidak akan turun terlalu cepat,” katanya. “Itu bisa berdampak lebih negatif pada aset lain dibandingkan emas.”

Samson Li, analis di Commodity Discovery Fund yang berbasis di Hong Kong, melihat gambaran yang lebih berbeda. Alih-alih menjadi pendorong langsung harga, tingginya permintaan di China telah mendorong spekulan barat untuk meningkatkan taruhan terhadap kenaikan harga di New York, katanya.

Perdebatan mengenai berapa lama investor China akan bertahan terkait dengan pertanyaan tentang apa yang membawa mereka ke SHFE. Pedagang institusional dan ritel di SHFE mungkin membeli emas untuk bertaruh pada fluktuasi jangka pendek yuan.

Tahun ini, sesi malam bursa adalah yang paling aktif, tepat ketika serangkaian data ekonomi AS yang menarik telah mendorong dolar lebih tinggi.

Aktivitas trader emas di Shanghai./dok. Bloomberg

Daniel Ghali, ahli strategi komoditas senior di TD Securities, juga sedang mencari cara untuk mengidentifikasi pembeli misterius emas, dan dia masih berpikir bahwa kekuatan dominan kemungkinan besar adalah pembeli berkantong tebal di sektor resmi, yang meliputi lembaga-lembaga yang terkait dengan negara seperti bank sentral dan dana kekayaan negara.

Namun, dia mengatakan aktivitas pembelian di sana juga berkorelasi erat dengan pelemahan yuan, dan investor di SHFE mungkin bertindak dengan motivasi mendasar yang sama.

“Aktivitas perdagangan di SHFE memang mengarah pada spekulasi ritel dan mungkin terkait dengan tekanan mata uang,” kata Ghali. “Ini bukan hanya masalah bagi bank sentral di luar sana – ini adalah masalah bagi para pelaku sehari-hari yang melihat mata uang mereka terdepresiasi dan ingin melakukan lindung nilai terhadap mata uang tersebut.”

(bbn)

No more pages