Logo Bloomberg Technoz

KPU Undang Paslon Kalah ke Acara Penetapan Prabowo-Gibran

Muhammad Fikri
23 April 2024 18:30

Ilustrasi Capres Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Capres Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga mengirim undangan acara penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih untuk periode 2024-2029. Salah satu yang akan diundang adalah pasangan calon yang kalah pada Pilpres 2024 yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Kita belum mendapat konfirmasi [dari Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud]. Yang jelas kita kirim undangannya ke ketiga paslon," kata Anggota KPU, August Mellaz, di Gedung KPU RI, Selasa (23/4/2024).

Berdasarkan berita dan susunan acara, menurut dia, KPU memang tak mewajibkan paslon yang kalah untuk hadir pada acara yang akan berlangsung di Gedung KPU, pukul 10.00 WIB, Rabu (24/4/2024).

"Yang namanya undangan kan pasti kami punya itikad untuk mengharapkan [paslon yang kalah juga datang]," kata dia.

Sebelumnya, MK telah membacakan putusan pada dua perkara PHPU Pilpres 2024, Senin (22/4/2024). Dalam putusan tersebut, majelis hakim menolak gugatan yang diajukan paslon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.