Logo Bloomberg Technoz

Kini penggunaan alat pacu jantung semakin memiliki teknologi terbaru bernama Leadless Pacemaker. Leadless pacemaker sendiri merupakan perangkat kecil yang dimasukan ke dalam jantung untuk menangani disfungsi irama jantung.

Dengan bantuan pacemaker denyut jantung yang tidak beraturan dan melambat bisa dapat menjadi stabil. Inovasi ini terus dikembangkan, bahwa alat pacu jantung mini nirkabel ini sudah memiliki baterai di dalam satu perangkat.

Uniknya tak perlu memerlukan kabel karena seluruh kompononen sudah berada di dalam satu perangkat yang kemudian dimasukan ke dalam bilik kanan jantung.

Namun sayang, Leadless Pacemaker ini belum bisa dicover dengan BPJS, hanya kovensional saja yang bisa dicover kesehatan dari pemerintah ini.

"Kalau sekarang konvensional pacemaker sudah ditanggung, kalau leadless belum bisa karena teknologi baru, manfaat besar, risiko minim, komplikasi lebih rendah. Namun, harapannya bisa dicover nanti," kata Dokter Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, dr Makhyan Jibril Al Farabi, dalam live Kementerian Kesehatan.

(dec/spt)

No more pages